Syarat Pendirian PT : Yang Harus Anda Ketahui (Perseroan Terbatas)

syarat pendirian pt

Untuk anda yang penasaran dengan cara dan syarat pendirian PT 2018 maka berikut ini adalah ulasan yang bisa kami berikan.

Pembuatan-PT-OfficeNow
Promo Pembuatan PT dokumen Lengkap hanya Rp. 5,4 juta

Mendirikan Perseroan Terbatas adalah salah satu hal yang belakangan ini didorong oleh pemerintah. Hal ini dilakukan salah satunya dengan memudahkan persyaratannya sehingga makin banyak orang yang terdorong.

Syarat utama pendirian PT terbaru 

Untuk anda yang penasaran dengan syarat mendirikan PT 2018, maka berikut ini adalah ulasan singkat mengenai syarat formal dalam pendirian PT dan dokumen yang dibutuhkan untuk mendirikan PT di tahun 2019 ini. 

Syarat mendirikan PT (perseroan terbatas) berupa identitas 

Syarat pendirian perusahaan perseorangan yang pertama yang perlu anda siapkan adalah syarat berupa identitas. Identitas yang dibutuhkan sebagai syarat syarat pendirian PT ini adalah syarat berapa e-KTP, kartu keluarga dan juga NPWP dengan format terbaru dari beberapa bagian dari Perseroan Terbatas yaitu dari pengurus dan juga pemegang saham minimal 2 orang. 

Syarat dokumen pajak bangunan 

Membuat PT menurut uu no 40 tahun 2007 yang masih bertahan hingga saat ini untuk Perseroan Terbatas selanjutnya salah mengenai dokumen yang berhubungan dengan pajak.

Selain NPWP, syarat mendirikan PT 2019 lain yang berhubungan dengan pajak yang perlu anda penuhi adalah dokumen PBB dan juga bukti bayar PBB atau Pajak Bumi dan bangunan yang terakhir sesuai dengan domisili perusahaan. 

Syarat pendirian perusahaan asing di Indonesia berupa dokumen kepemilikan bangunan 

Syarat pendirian PT 2019 terbaru adalah mengenai dokumen kepemilikan bangunan. Jika bangunan yang digunakan untuk pendirian Perseroan Terbatas ini bukan merupakan bangunan pribadi, maka perlu dilampirkan dokumen sewa sebagai syarat pendirian perseroan terbatas menurut uu no 40 tahun 2007. 

Syarat berupa surat keterangan domisili

Selanjutnya adalah mengenai surat keterangan domisili. Syarat mendirikan PT dan CV yang satu ini merupakan sebuah syarat yang diberikan oleh pengelola gedung yang anda miliki jika gedung yang anda gunakan untuk membangun Perseroan Terbatas adalah gedung sewa. 

Syarat berupa foto 

Syarat pendirian PT dan CV yang selanjutnya adalah mengenai foto dari kantor anda. Foto ini menunjukkan bagian luar dan bagian dalam dari bangunan yang akan anda gunakan sebagai markas dari Perseroan Terbatas anda. 

Syarat berupa informasi zonasi 

Selanjutnya syarat mendirikan PT 2017 yang perlu diperhatikan adalah mengenai keberadaan zonasi. Berikan informasi apakah gedung yang akan anda gunakan ini merupakan area yang masuk dalam zonasi perkantoran, zonasi komersial atau zona campuran. 

Syarat berupa foto 

Syarat pendirian perusahaan asuransi atau Perseroan Terbatas dalam bidang yang lain juga mewajibkan anda untuk melampirkan foto Direktur dari Perseroan Terbatas yang anda miliki dengan ukuran 3×4 latar belakang merah.

Syarat stempel 

Syarat mendirikan PT kontraktor terakhir adalah keberadaan stempel untuk syarat.

Hal-hal yang wajib diperhatikan 

Selain memperhatikan kelengkapan syarat mendirikan PT baru ada beberapa hal lain yang perlu anda perhatikan ketika akan membuat sebuah Perseroan Terbatas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ini antara lain adalah :

Syarat pendirian perusahaan dagang dari segi direkturnya 

Ketika anda akan membuat sebuah Perseroan Terbatas di daerah DKI Jakarta, maka ada syarat lain yang perlu anda perhatikan. Syarat pendirian perusahaan daerah di DKI Jakarta berupa penggunaan salah satu direktur yang memiliki KTP dengan domisili Jakarta. 

Syarat pendirian PT baru dari segi NPWP 

Yang berikutnya, menurut uu yang selanjutnya perlu diperhatikan adalah mengenai NPWP. Ketika anda mengajukan syarat mendirikan PT yang sudah mendapatkan izin dari menteri kehakiman berupa NPWP pastikan NPWP yang anda miliki sudah di-update baik secara lokasi maupun informasi.

Pastikan lokasi dari NPWP yang digunakan untuk syarat dan ketentuan mendirikan PT sudah sama dengan KTP. Bukan hanya lokasinya saja tapi pastikan juga NIK, nomor telepon dan emailnya sudah sesuai.

Selain itu, syarat-syarat mendirikan PT beserta contohnya juga berlaku jika anda sudah menikah. Ketika anda menikah pastikan NPWP sudah disatukan dengan di-update agar nama pasangan anda juga tercantum dalam NPWP tersebut. 

Syarat formil dan materil pendirian PT baru

Persyaratan PT yang disebutkan sebelumnya adalah syarat yang umum. Selain itu, ada beberapa syarat khusus yang juga perlu anda perhatikan ketika akan membangun sebuah Perseroan Terbatas.

Syarat pendirian perusahaan media online dan perusahaan Perseroan Terbatas lainnya ini diatur dalam Undang Undang Perseroan Terbatas yaitu Undang Undang nomor 40 tahun 2007. Seperti apa syarat pendirian perusahaan modal Ventura yang ada di dalam Undang Undang tersebut?

Syarat pendirian perusahaan jasa berdasarkan jumlah pendiri

Syarat pendirian cabang Perseroan Terbatas maupun kantor pusat adalah mengenai pendiri yang dimilikinya. Berdasarkan Undang Undang pendiri dari sebuah Perseroan Terbatas minimal adalah 2 dan bisa lebih. 

Syarat mengenai nama perusahaan 

Yang selanjutnya perlu diperhatikan adalah mengenai penggunaan nama, penggunaan nama perusahaan harus diperhatikan dan susunannya sudah ditentukan dalam Undang Undang tersebut. 

Syarat mendirikan PT di Indonesia mengenai pemegang saham

Dalam Undang Undang mengenai syarat modal pendirian PT, saham sebuah Perseroan Terbatas perlu disusun dan diajukan. Dalam susunan dari kepemilikan saham, pendiri wajib memiliki saham dari Perseroan Terbatas tersebut. 

Pengesahan dari Perseroan Terbatas 

Prosedur lain yang paling penting adalah mengenai pengesahan. Jika anda sudah membuat akta pendirian untuk perusahaan Perseroan Terbatas anda, maka anda perlu mengajaknya untuk di sahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. 

Cara dan syarat mendirikan PT berdasarkan modalnya 

Dalam syarat pendirian kantor cabang PT , maka modal tidak perlu diperhatikan. Akan tetapi jika melakukan pendirian kantor pusat, maka modal yang disetor akan menentukan klasifikasi dari perusahaan tersebut. Nilai modal dasar yang disetor tidak semuanya tapi sejumlah 25% dari modal dasar yang diajukan oleh Perseroan Terbatas. 

Aturan lanjutan mengenai pemegang saham 

Ketika menyusun proses dan syarat mendirikan PT, maka pastikan bahwa pemegang saham dari Perseroan Terbatas anda adalah WNI atau badan hukum yang didirikan menurut hukum Indonesia dan dengan menggunakan bahasa Indonesia. 

Langkah-Langkah pendirian dari Perseroan Terbatas 

Di atas sudah di sebutkan mengenai beberapa syarat pendirian PT CV dan firma. Selanjutnya setelah melengkapi seluruh persyaratannya maka anda akan mengikuti langkah berikut ini:

  • Persiapkan nama Perseroan Terbatas 
  • Pembuatan draf akta 
  • Pembuatan akta 
  • Pengambilan NPWP dan SKT perusahaan 
  • Pendaftaran NIB 
  • Pengajuan SIUP 
  • Pengajuan TDP 

Demikian adalah informasi mengenai syarat mendirikan sebuah PT dan juga langkah pendiriannya. Semoga dapat membantu memudahkan usaha anda.

Posted in Business Article

Tuesday Dec 10 9:29 am

No Comments