Free Business Checkup Review Home Free Business Checkup Review Disaat Yang Lain Hanya Mampu Mengurus Perijinan, Hanya Officenow Yang Memberikan Semua Yang Bisnis Anda Butuhkan Nikmati 8 Keuntungan Mendirikan Badan Usaha Di Officenow:GRATIS Pembuatan Laporan Keuangan & Pelaporan Pajak Selama 12 BulanGRATIS Virtual Office Selama 3 TAHUNGRATIS Aplikasi ERP SYSTEM AUTO PILOT Perusahaan Berbasis Cloud/OnlineGRATIS Aplikasi CHATNOW WhatsApp Gateway API & Customer Service (CRM)GRATIS Pembuatan Logo, Company Profile atau Website & Email PerusahaanGRATIS Mengikuti OFFICENOW UNIVERSITY & Workshop Bisnis Setiap MingguGRATIS Mengikuti OFFICENOW Business Incubator & Akses Pendanaan BisnisGRATIS Mengikuti Company Business Review Setiap 6 Bulan & Business Coaching Silakan Isi Formulir Dibawah Ini Untuk Mendapatkan Hasil Dari Business Checkup Review Perusahaan Anda Nama Perusahaan* Nama Direktur* Nomor Handphone* Contoh : 628128764231 Alamat Email* 1. MEREVIEW STRUKTUR ORGANISASI 1.1 Sudah Ada Visi Misi dan Culture Yang Jelas dan Tertempel Didalam Perusahaaan* (1) Tidak Ada (2) Ada Tapi Belum Ditempel, Atau Belum Tertulis Jelas (3) Sudah Ditempel Dan Diucapkan Secara Rutin Oleh Team 1.2 Struktur Organisasi Sudah Dibuat, Ditempel Didalam Perusahaan Dan Tertulis Jelas Nama PIC Yang Bersangkutan* (1) Tidak ada (2) Ada Tapi Belum Ditempel, Atau Belum Tertulis Nama PIC (3) Sudah Baik 1.3 Struktur Organisasi Level Pertama, Terdiri Dari Minimal 4 Departmen (Marketing, Operasional, Finance dan HRD). Maksimal adalah 7 departemen.* (1) Dibawah 4 Departemen Atau Diatas 7 Departmen (2) Sudah Bagus Dirange 4-7 Departmen, Tapi Pengelompokan Departemennya Belum Pas (3) Sudah Bagus, Dirange 4-7 Dan Pengelompokan Departmentnya Sudah Baik 1.4 Departemen Yang Harus Terpisah Dan Tidak Boleh Dikerjakan Orang Yang Sama Adalah Marketing, Purchasing, Logistik, Produksi, Finance/Accounting, HRD* (1) Masih Ada PIC Yang Mengerjakan Beberapa Departmen Tersebut (2) Ada Departemen Yang Masih Merangkap, Meskipun Tidak Langsung Berkaitan. Misal Purch/Mkt/Log/Prod Dengan HRD (3) Setiap Departemen Sudah Terbagi Dengan Baik Dan Tidak Ada Rangkap Pekerjaan 2. MEREVIEW JOB DESCRIPTION MASING-MASING DEPARTMENT 2.1 Setiap User Didalam Struktur Organisasi Sudah Dibuatkan Job Description Secara Jelas, Detail Dan Tertulis. User Mengetahui Apa Saja Yang Akan Dia Kerjakan Tiap Hari, Tiap Minggu Dan Tiap Bulan. Serta Bertanggung Jawab Kepada Siapa* (1) Belum Jelas (2) Ada, Tapi Tidak Terlalu Jelas (3) Sudah Sangat Jelas 2.2 Setiap Team Selalu Mengontrol Pekerjaan Yang Sudah Atau Belum Selesai, Serta Bisa Memberikan Atau Mendapatkan Update Tentang Pekerjaan Yang Masih Terpending Dan Harus Diselesaikan Dikeesokan Harinya.* (1) Belum Dikontrol Dengan Baik (2) Sudah Dikontrol Tapi Belum Maksimal (3) Sudah Dikontrol Dengan Maksimal 2.3 Perusahaan Sudah Menggunakan Tools Untuk Task Management Yang Baik Untuk Mengontrol Dan Melaporkan Pekerjaan Ditiap Departemen* 1) Belum Sama Sekali Menggunakan Tools 2) Sudah Menggunakan Tools, Tapi Belum Maksimal (3) Sudah Menggunakan Tools Task Management Dan Sudah Maksimal 3.1 SOP Pembelian Sudah Dibuat Dengan Baik, Tertulis Dan Tertempel Ditiap-tiap Divisi.* (1) SOP Banyak Yang Tidak Ada, Diatas 50% SOP Belum Dibuat Dengan Baik (2) SOP Sudah Cukup Lengkap, Namun Masih Ada 1-2 SOP Yang Belum Sempat Dibuat (3) SOP Sudah Lengkap Dan Sudah Diterapkan Dengan Baik Di lapangan Berikan Centang Untuk Setiap SOP Yang Ada* SOP Pemilihan Supplier SOP Pengisian Data Supplier SOP Permintaan Pembelian SOP Order Pembelian SOP Penerimaan Barang SOP Retur Pembelian SOP Diskon Pembelian SOP Invoicing Pembelian SOP Uang Muka Pembelian SOP Pembayaran Pembelian 3.2 SOP Produksi Sudah Dibuat Dengan Baik, Tertulis Dan Tertempel Ditiap-tiap Divisi.* (1) SOP Banyak Yang Tidak Ada, Diatas 50% SOP Belum Dibuat Dengan Baik (2) SOP Sudah Cukup Lengkap, Namun Masih Ada 1-2 SOP Yang Belum Sempat Dibuat (3) SOP Sudah Lengkap Dan Sudah Diterapkan Dengan Baik Di lapangan Berikan Centang Untuk Setiap SOP Yang Ada* SOP Pembuatan Formula Produk OP Pengaturan Schedule Produksi SOP Surat Perintah Kerja Produksi SOP Pengambilan Bahan Produksi SOP Proses Produksi SOP Penambahan Bahan Produksi SOP Reject Barang Produksi SOP Pencatatan Dan Penyimpanan Barang Jadi 3.3 SOP Penjualan, Sales & Marketing Sudah Dibuat Dengan Baik, Tertulis Dan Tertempel Ditiap-tiap Divisi.* (1) SOP Banyak Yang Tidak Ada, Diatas 50% SOP Belum Dibuat Dengan Baik (2) SOP Sudah Cukup Lengkap, Namun Masih Ada 1-2 SOP Yang Belum Sempat Dibuat (3) SOP Sudah Lengkap Dan Sudah Diterapkan Dengan Baik Di lapangan Berikan Centang Untuk Setiap SOP Yang Ada* SOP Penawaran Barang/Jasa Kepada Calon Customer SOP Permintaan Penjualan SOP Pengisian Data Pelanggan SOP Pengecekan Kepastian Data Pelanggan SOP Pemberian Nominal Kredit Dan Jatuh Tempo Pelanggan SOP Pengiriman Barang SOP Retur Penjualan SOP Diskon Penjualan SOP Invoicing Penjualan Dan Penagihan SOP Uang Muka Penjualan SOP Penerimaan Pelunasan Penjualan 3.4 SOP Financial Management Sudah Dibuat Dengan Baik, Tertulis Dan Tertempel Ditiap-tiap Divisi.* (1) SOP Banyak Yang Tidak Ada, Diatas 50% SOP Belum Dibuat Dengan Baik (2) SOP Sudah Cukup Lengkap, Namun Masih Ada 1-2 SOP Yang Belum Sempat Dibuat (3) SOP Sudah Lengkap Dan Sudah Diterapkan Dengan Baik Di lapangan Berikan Centang Untuk Setiap SOP Yang Ada* SOP Pengisian Kas Besar/Kecil SOP Pengeluaran Kas/Bank SOP Penerimaan Kas/Bank SOP Kas Bon SOP Perijinan Piutang Karyawan SOP Pemindahan Saldo Bank Ke Bank Lain SOP Penyetoran Kas Kasir Ke Bank SOP Pembagian Deviden/Prive SOP Pengeluaran Tanpa Bukti 3.5 SOP Inventory Management Sudah Dibuat Dengan Baik, Tertulis Dan Tertempel Ditiap-tiap Divisi.* (1) SOP Banyak Yang Tidak Ada, Diatas 50% SOP Belum Dibuat Dengan Baik (2) SOP Sudah Cukup Lengkap, Namun Masih Ada 1-2 SOP Yang Belum Sempat Dibuat (3) SOP Sudah Lengkap Dan Sudah Diterapkan Dengan Baik Di lapangan Berikan Centang Untuk Setiap SOP Yang Ada* SOP Pengkodean Dan Penamaan Barang SOP Perhitungan Dan Update Buffer Stock SOP Penyimpanan Baran SOP Penataan Barang SOP Stock Opname SOP Pemindahan Barang SOP Pemusnahan Barang SOP Penyesuaian Persediaan SOP penggantian Barang Setelah Opname 3.6 SOP Human Development Sudah Dibuat Dengan Baik, Tertulis Dan Tertempel Ditiap-tiap Divisi.* (1) SOP Banyak Yang Tidak Ada, Diatas 50% SOP Belum Dibuat Dengan Baik (2) SOP Sudah Cukup Lengkap, Namun Masih Ada 1-2 SOP Yang Belum Sempat Dibuat (3) SOP Sudah Lengkap Dan Sudah Diterapkan Dengan Baik Di lapangan Berikan Centang Untuk Setiap SOP Yang Ada* SOP Pemasangan Lowongan Kerja SOP Pemanggilan Kandidat SOP Interview Kerja SOP Deal dan Kontrak Kerja SOP Pelatihan SDM SOP Evaluasi dan Penilaian Kinerja SOP Ijin dan Cuti Karyawan SOP Permohonan Lembur SOP Penggajian Karyawan SOP Reward Dan Punishment SOP Pemutusan Hubungan Kerja 4. MELAKUKAN SAMPLING CHECK DOKUMEN, TERKAIT APPROVAL YANG SUDAH DILAKUKAN 4.1 Cek Tata Cara Pengarsipan Dokumen Setiap Transaksi* (1) Dokumen Belum Ditata Dengan Rapi (2) Dokumen Sudah Terpilah Dan Namun Belum Ditata Dengan Maksimal (3) Dokumen Sudah Terpilah Dan Tertata Dengan Rapi 4.2 Cek Dokumen Terkait Dengan Proses Pembelian* 1) Approval Banyak Yang Tidak Ada, Diatas 50% Approval Belum Dilakukan / Dilakukan Oleh Orang Yang Tidak Tepat (2) Approval Sudah Cukup Lengkap, Namun Masih Ada 1-2 Approval Yang Belum Sempat Dilakukan (3) Approval Sudah Lengkap Dan Sudah Diterapkan Dengan Baik Dilapangan Berikan Centang Untuk Setiap Dokumen Yang Ready Untuk Di Check* Purchase Request Purchase Order Receiving Purchase Invoice Purchase Return Bank/Cash Disbursement 4.3 Cek Dokumen Terkait Dengan Proses Produksi* 1) Approval Banyak Yang Tidak Ada, Diatas 50% Approval Belum Dilakukan / Dilakukan Oleh Orang Yang Tidak Tepat (2) Approval Sudah Cukup Lengkap, Namun Masih Ada 1-2 Approval Yang Belum Sempat Dilakukan (3) Approval Sudah Lengkap Dan Sudah Diterapkan Dengan Baik Dilapangan Berikan Centang Untuk Setiap Dokumen Yang Ready Untuk Di Check* Formula Product Work Order Material Release Product Result 4.4 Cek Dokumen Terkait Dengan Proses Penjualan* (1) Approval Banyak Yang Tidak Ada, Diatas 50% Approval Belum Dilakukan / Dilakukan Oleh Orang Yang Tidak Tepat (2) Approval Sudah Cukup Lengkap, Namun Masih Ada 1-2 Approval Yang Belum Sempat Dilakukan (3) Approval Sudah Lengkap Dan Sudah Diterapkan Dengan Baik Dilapangan Berikan Centang Untuk Setiap Dokumen Yang Ready Untuk Di Check* Sales Quotation Sales Order Delivery Order Sales Invoice Sales Return Bank/Cash Receipt 4.5 Cek Dokumen Terkait Dengan Proses Financial Management* (1) Approval Banyak Yang Tidak Ada, Diatas 50% Approval Belum Dilakukan / Dilakukan Oleh Orang Yang Tidak Tepat (2) Approval Sudah Cukup Lengkap, Namun Masih Ada 1-2 Approval Yang Belum Sempat Dilakukan (3) Approval Sudah Lengkap Dan Sudah Diterapkan Dengan Baik Dilapangan Berikan Centang Untuk Setiap Dokumen Yang Ready Untuk Di Check* Pengeluaran Kas / Bank Penerimaan Kas / Bank Pengisian Kas (Kecil/Besar) eimburse / Kas Bon 4.6 Cek Dokumen Terkait Dengan Proses Inventory Management* (1) Approval Banyak Yang Tidak Ada, Diatas 50% Approval Belum Dilakukan / Dilakukan Oleh Orang Yang Tidak Tepat (2) Approval Sudah Cukup Lengkap, Namun Masih Ada 1-2 Approval Yang Belum Sempat Dilakukan (3) Approval Sudah Lengkap Dan Sudah Diterapkan Dengan Baik Dilapangan Berikan Centang Untuk Setiap Dokumen Yang Ready Untuk Di Check* Inventory Transfer Inventory Adjustment Inventory Destroyed 5. REVIEW PROSES INVENTORY MANAGEMENT 5.1 Inventory Sudah Diberikan Kode Dan Nama Yang Standard, Dengan Pengkategorian Inventory Yang Jelas* (1) Belum Sama Sekali (2) Sudah, Tapi Belum Maksimal (3) Sudah Baik 5.2 Layout Gudang Sudah Ditata Untuk Memenuhi Kebutuhan Moving Inventory Dan Memperhatikan Pula Kategori Fast/Slow Moving, Volume Dan Berat Dari Inventory Yang Bersangkutan* (1) Belum Sama Sekali (2) Sudah, Tapi Belum Maksimal (3) Sudah Baik 5.3 Gudang Sudah Menggunakan Tools Yang Mencukupi Untuk Proses Penataan Dan Moving Inventory. Misalnya Rak, Pallet, Hand Pallet, Forklift Ataupun Alat Lain Yang Dibutuhkan* (1) Belum Sama Sekali 2) Sudah, Tapi Belum Maksimal 3) Sudah Baik 5.4 Kartu Stock Sudah Tertulis Dan Terpasang Dengan Rapi Dimasing-masing Rak Inventory, Serta Selalu Diupdate Setiap Ada Transaksi* (1) Belum Sama Sekali (2) Sudah, Tapi Belum Maksimal (3) Sudah Baik 5.5 Sudah Memiliki Perhitungan Buffer Stock Minimal Dan Maksimal Untuk Setiap Barang, Bahkan Sudah Mengetahui Reorder Poin Atas Setiap Barang* (1) Belum Sama Sekali (2) Sudah, Tapi Belum Maksimal (3) Sudah Baik 6. REVIEW PROSES ASSET MANAGEMENT 6.1 Semua Asset Tetap Sudah Terdata Didalam Buku Asset* (1) Belum Sama Sekali (2) Sudah, Tapi Belum Maksimal (3) Sudah Baik 6.2 Semua Asset Tetap Sudah Dikategorikan Dengan Baik Dan Sudah Diberikan Nomor Asset Yang Tepat* (1) Belum Sama Sekali (2) Sudah, Tapi Belum Maksimal (3) Sudah Baik 6.3 Semua Asset Tetap Sudah Dilakukan Maintenance/Pemeliharaan Rutin Secara Berkala* (1) Belum Sama Sekali (2) Sudah, Tapi Belum Maksimal 3) Sudah Baik 6.4 Semua Asset Tetap Diketahui Lokasinya Dan Apabila Ada Pemindahan Asset Tetap, Selalu Dicatat Dan Dipantau* (1) Belum Sama Sekali (2) Sudah, Tapi Belum Maksimal (3) Sudah Baik 7. MEREVIEW SISTEM PENCATATAN LAPORAN KEUANGAN 7.1 COA Sudah Dipetakan Dengan Standarisasi Nomor Yang Tepat Dan Konsisten Sesuai Dengan IFRS/PSAK* (1) Belum Sama Sekali (2) Sudah, Tapi Belum Maksimal (3) Sudah Baik 7.2 Pengklasifian Data Customer Sudah Dilakukan Dengan Detail* (1) Belum Sama Sekali (2) Sudah, Tapi Belum Maksimal (3) Sudah Baik 7.3 Pengklasifian Data Supplier Sudah Dilakukan Dengan Detail* (1) Belum Sama Sekali (2) Sudah, Tapi Belum Maksimal (3) Sudah Baik 7.4 Laporan Keuangan Sudah Diterbitkan Secara Rutin* (1) Terbit Diatas 30 hari (2) Terbit Maksimal H+30 Hari (3) Terbit Maksimal H+15 8. ANALISA LAPORAN KEUANGAN DAN SARAN-SARAN YANG HARUS DILAKUKAN PERUSAHAAN 8.1 Hasil Analisa Likuiditas Perusahaan* (1) Asset Lancar Tidak Cukup Membiayai Hutang, Rasio Dibawah 1 (2) Asset Lancar Cukup Untuk Membiayai Hutang Rasio Diatas 1, Namun Perhitungan Asset Lancar Tanpa Persediaan Masih Dibawah 1 (3) Asset Lancar Sangat Cukup Untuk Membiayai Hutang, Rasio Diatas 1 8.2 Hasil Analisa Umur Piutang Usaha* (1) Umur Piutang Usaha Diatas 2 Bulan (2) Umur Perputaran Piutang Ssaha 1-2 Bulan (3) Umur Piutang Usaha Dibawah 1 Bulan 8.3 Hasil Analisa Umur Persediaan* (1) Umur Persediaan Diatas 2 Bulan (2) Umur Persediaan 1-2 Bulan (3) Umur Persediaan Dibawah 1 Bulan 8.4 Hasil Analisa Umur Hutang Usaha* (1) Umur Hutang Usaha Dibawah 1 Bulan (2) Umur Hutang Usaha 1-2 Bulan (3) Umur Hutang Usaha Diatas 2 Bulan 8.5 Hasil Operating Cash Cycle (Perputaran Piutang + Perputaran Persediaan - Perputaran Hutang)* (1) Untuk Mendapatkan Cash Kembali Ke Perusahaan, Membutuhkan Waktu Diatas 2 Bulan (2) Untuk Mendapatkan Cash Kembali Ke Perusahaan, Membutuhkan Waktu 1-2 Bulan (3) Untuk Mendapatkan Cash Kembali Ke Perusahaan, Membutuhkan Waktu Dibawah 1 Bulan Submit