
Office Now – Seiring perkembangan zaman, istilah ruang kerja bersama semakin banyak dibicarakan. Serviced office Indonesia sebagai salah satu bentuk ruang kerja bersama bisa Anda temukan di pusat bisnis strategis. Ruang kerja dengan fasilitas lengkap ini siap digunakan dengan jangka waktu sewa yang beragam.
Pengertian Serviced Office Indonesia
Untuk memahami apa itu sewa kantor bersama dan bagaimana mekanismenya, Anda perlu mengetahui pengertian dan hal terkait lainnya.
Serviced Office Indonesia Adalah
Pada dasarnya, serviced office Indonesia merupakan ruang kantor sudah dilengkapi fasilitas mengusung konsep siap pakai. Cakupan dari konsep siap pakai ini, seperti:
- Alamat bisnis bergengsi.
- Layanan resepsionis.
- Akan mendapatkan layanan telepon.
- Internet yang memiliki kecepatan yang tinggi.
- Pantry.
- Ruangan meeting.
Hal ini tentunya memiliki perbedaan dengan kantor konvensional pada umumnya. Jika kantor konvensional membutuhkan anggaran tinggi karena ada biaya pemasangan, pemeliharaan dan peralatan kantor.
Siapa yang Membutuhkan Jenis Kantor Ini?
Tentunya tidak semua jenis usaha bisa menggunakan jenis kantor ini. lalu siapa saja yang membutuhkannya? Simak beberapa pemilik usaha yang bisa menerapkan serviced office Indonesia, seperti:
Perusahaan Startup
Untuk perusahaan yang baru saja berdiri mendirikan sebuah kantor mungkin akan menjadi tantangan tersendiri. Harga bangunan dan tanah yang merangkak naik, membuat pemilik usaha harus berpikir ulang untuk menghemat biaya membangun sebuah kantor. Ruang kerja lebih hemat daripada kantor tradisional pada umumnya.
Perusahaan yang Mencari Market Baru
Selain itu, perusahaan yang masih mencari market baru juga harus menghemat biaya. Biaya untuk membangun kantor bisa dihemat untuk keperluan memperluas usaha. Sehingga perusahaan yang masih mencari market baru juga membutuhkan sewa ruang kerja.
Kantor Temporer
Jika Anda bingung mencari kantor temporer sedangkan kegiatan operasional harus tetap berjalan, bisa memanfaatkan sewa ruang kantor. Untuk pindah kantor memang memerlukan waktu yang lama, sehingga jenis kantor ini menjadi solusi terbaik.
Perusahaan Berbasis Proyek
Selanjutnya, perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi juga memerlukan sewa kantor ruangan. Sebab, juga membutuhkan kantor temporer sampai proyek selesai dikerjakan.
Keuntungan Memilih Serviced Office Indonesia

Apa saja keuntungan memilih serviced office Indonesia? Simak beberapa alasan berikut ini:
Biaya Sewa Murah
Pertama, biaya untuk menyewa jenis kantor ini lebih murah. Ruangannya tidak terlalu luas, sehingga biaya sewa cukup ramah di kantor. Agar bisa mendapatkan harga termurah, bisa melakukan survey terlebih dahulu dan lakukan perbandingan harga.
Namun, sebaiknya tidak hanya memperhatikan harga saja yang murah, melainkan juga menekankan pada fasilitas yang akan Anda dapatkan. Jangan sampai karena harganya saja yang murah, malah mendapatkan layanan yang mengecewakan.
Mudah Menata Ruangan
Ruang kantor yang disewa tidak terlalu besar, sehingga Anda bisa mudah menata ruang. Anda juga bisa menambahkan berbagai macam peralatan pendukung untuk menjalankan sebuah kantor.
Lebih Kondusif
Menggunakan ruangan kantor yang tidak terlalu luas akan menciptakan suasana yang kondusif. Sehingga akan mempengaruhi performa dari pegawai dan secara tidak langsung akan meningkatkan kinerja mereka. Selain itu, untuk koordinasi antar tim menjadi lebih baik lagi.
Suasana Baru
Beberapa penelitian membuktikan bahwa terdapat korelasi antara suasana baru dan peningkatan performa. Karyawan akan menjadi lebih segar karena suasana yang baru di kantor.
Mendapatkan Lokasi yang Sesuai
Keuntungan memilih serviced office Indonesia berikutnya adalah mendapatkan lokasi yang strategis. Lokasi kantor berada di kawasan bisnis yang strategis secara tidak langsung akan menaikkan citra perusahaan.
Selain itu, Anda akan mudah mengurus perizinan berusaha. Sebab, untuk mendapatkan perizinan, letak bangunan kantor harus sesuai dengan peruntukannya. Sehingga, sebelum memilih sewa ruang kantor alangkah lebih baik melihat lokasinya.
Tanggung Jawab yang Ringan
Jika Anda memilih membangun kantor sendiri, harus memikirkan biaya perawatan rutin. Anda harus menyisihkan anggaran untuk biaya pemeliharaan gedung. Berbeda ketika Anda menyewa, maka pemilik usaha tidak perlu memikirkan biaya lain.
Biaya perawatan gedung sudah termasuk dalam biaya sewa. Jika dipikir lagi, memilih sewa ruangan lebih meringankan tanggung jawab. Anda bisa fokus membangun usaha dengan fasilitas yang lengkap.
Jangka Waktu
Tidak dapat dipungkiri berada di kantor yang sama dengan pemandangan monoton akan cepat membuat bosan. Apalagi berkaitan dengan jangka waktu pemakaian alamat kantor. Sebab, sewa ruangan memiliki jangka waktu sewa yang fleksibel.
Pemilik usaha bisa mempertimbangkan sendiri kebutuhan jangka waktu penyewaan ini. Sehingga tidak kesulitan nantinya dalam mengurus perizinan lagi, jika harus pindah alamat.
Layanan
Anda bisa mendapatkan berbagai layanan lengkap untuk mendukung operasional sebuah kantor, seperti:
- Ruang event gratis
- Koneksi internet yang super cepat
- Free flow refreshment
- Cleaning service harian
- Listrik dan air
- Pantry
- Perjanjian surat domisili perusahaan
Perbedaan Mendasar Serviced Office Indonesia, Virtual Office dan Coworking Space
Sama-sama mengusung konsep kantor modern, serviced office Indonesia, virtual office dan coworking space ternyata memiliki perbedaan. Simak di mana saja letak perbedaannya berikut ini:
Virtual Office
Kantor maya atau disebut juga dengan virtual office merupakan kantor dengan alamat profesional. Pada dasarnya, kantor maya tidak memiliki bentuk kantor fisik. Jenis kantor ini hanya memerlukan alamat kantor saja, sedangkan untuk konsep kerja menggunakan sistem online.
Namun, untuk penerimaan dan layanan operasional tetap seperti kantor pada umumnya. Bentuk kantor maya ini memerlukan alamat kantor agar bisa memenuhi persyaratan untuk mengurus perizinan berusaha dan pendirian badan hukum perusahaan.
Coworking Office
Jenis kantor lain bernama coworking space atau ruang kerja yang digunakan secara bersama-sama. Jadi, dalam satu ruangan, Anda akan bekerja bersama dengan tim dari perusahaan lain. Konsep kantor ini akan meniadakan sekat.
Keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah bisa saling bekerja sama mengembangkan bisnis masing-masing. Ruangan yang digunakan lebih santai dengan tema-teman kantor modern.
Penggunaan jenis kantor ini paling banyak disenangi perusahaan startup yang memang membutuhkan kolaborasi. Para pekerja juga bebas bekerja memakai ruangan yang mana.
Serviced Office
Sedangkan serviced office merupakan kantor fisik yang siap pakai dengan lingkungan kerja yang lebih formal. Selain itu, lingkungan kerja profesional dan lebih privat. Jika coworking terkesan kurang formal, maka coworking sebaliknya.
Menggunakan serviced office, Anda sudah mendapatkan fasilitas lengkap. Jangan sampai salah membedakannya dengan coworking space.
Untuk menyewa ruang kantor ini membutuhkan dokumen perjanjian sewa, fotokopi badan hukum, serta identitas pemilik usaha. Fleksibilitas jenis kantor ini tidak bisa diragukan lagi, ada penyedia gedung yang menggunakan sistem bulanan atau per tahun.
Jika Anda menggunakan kantor di luar jam, bisa mendapatkan layanan tetap. Bisa juga membayar biaya tambahan sesuai dengan perjanjian awal yang telah disepakati. Memilih serviced office dibandingkan ruang kerja bersama lebih bisa memiliki privasi karena menggunakan ruang dengan konsep tertutup.
Sebelum memilih serviced office Indonesia harus mempertimbangkan beberapa hal. Selain alamat yang strategis, Anda juga harus mempertimbangkan layanan apa saja yang didapatkan.
Layanan
Promo Pembuatan CV
Rp. 3.950.000
Rp. 2.699.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan Yayasan
Rp. 4.550.000
Rp. 3.999.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan Firma
Rp. 4.550.000
Rp. 3.999.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan PT Perorangan
Rp. 1.499.000
Rp. 799.000
Dokumen lengkap :
SERTIFIKAT PENDIRIAN, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan PT
Rp. 5.350.000
Rp. 3.699.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan