
Office Now – Adanya jasa izin usaha akan mempermudah pelaku usaha dalam menjalankan sebuah bisnis. Sebab, pengurusan perizinan di Indonesia cukup banyak dan saat ini semakin dipermudah dengan sistem online. Namun, banyak yang merasakan jika menggunakan penyedia jasa akan sangat membantu.
Pengertian Jasa Izin Usaha

Mengurus perizinan akan membantu meningkatkan roda perekonomian karena akan banyak perusahaan yang memiliki badan usaha. Sehingga, secara tidak langsung akan mengurangi angka pengangguran.
Jasa izin usaha merupakan pelayanan jasa yang bertujuan untuk mempermudah, mempercepat perizinan berusaha. Sehingga pemilik usaha akan terbantu dalam mendirikan dan menjalankan sebuah perusahaan.
Penyedia jasa izin usaha OSS akan dikelola oleh tim profesional yang akan memberikan pelayanan yang terbaik. Sekaligus menyelenggarakan konsep usaha yang sehat.
Adanya penyedia layanan untuk perizinan ini akan membantu mengurus segala dokumen yang dibutuhkan oleh perusahaan. Adanya izin yang telah terbit akan menguntungkan pemilik usaha. Selain kegiatan usaha sudah menjadi legal, juga akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap perusahaan Anda.
Jasa Izin Usaha: Jenis-Jenis Izin Usaha

Jenis-jenis perizinan akan berbeda tergantung kepada kegiatan usaha yang Anda jalankan. Untuk memahami perizinan apa saja yang akan dibutuhkan, maka Anda wajib menyimak jenis-jenis izin usaha berikut ini:
Jasa Izin Usaha SIUP
Surat Izin Usaha Perdagangan merupakan salah satu perizinan yang penting untuk usaha di yang menjalankan perdagangan. Jasa izin usaha akan mengklasifikasikannya menjadi 4 kelompok besar, yaitu:
- Pemilik usaha mikro yang memiliki modal di bawah Rp50 juta.
- Untuk kategori SIUP kecil merupakan kegiatan usaha dengan modal antara Rp50 juta sampai Rp500 juta.
- Sedangkan untuk SIUP menengah memiliki besaran modal sekitar Rp500 juta sampai Rp10 miliar.
- Untuk SIUP besar memiliki modal di atas Rp10 miliar.
Izin Usaha Penjualan Langsung
Sering disingkat dengan SIUPL merupakan izin usaha untuk pemilik usaha di bidang MLM. Sehingga, setiap pengusaha yang menjalankan sistem multi level marketing wajib memiliki izin ini.
Izin Surat Keterangan Impor
Jasa izin usaha Semarang juga akan memberikan layanan untuk mengurus surat keterangan impor BPOM. Pengusaha yang menjalankan kegiatan usaha yang melakukan impor, berupa:
- Makanan
- Minuman
- Obat-obatan
Untuk Izin Surat Keterangan Impor ini akan dikeluarkan oleh Bea Cukai.
Nomor Induk Berusaha
NIB berfungsi sebagai identitas dari pelaku usaha, baik berbadan usaha PT, PT Perorangan maupun CV. Sistem bernama OSS akan menerbitkan Nomor Induk Berusaha setelah pemilik usaha melakukan pendaftaran.
Jasa Izin Usaha juga akan memberikan layanan untuk perizinan mendapatkan NIB ini. Sebab, NIB untuk pelaku usaha juga berlaku sebagai Tanda Daftar Perusahaan dan API serta akses kepabeanan. Oleh karena itu, NIB juga merupakan izin yang harus ada pada pelaku usaha.
Surat Keterangan Domisili Usaha
Dokumen legal lain yang harus terpenuhi oleh pemilik usaha adalah SKDU. Surat ini juga perlu untuk mengurus perizinan lain seperti, NPWP, SIUP dan TDP. Pihak Kelurahan maupun Kecamatan sesuai dengan kegiatan bisnis dilaksanakan yang akan mengeluarkannya.
Anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengurus dokumen ini karena bisa memanfaatkan jasa izin usaha Tangerang. Penuhi semua syaratnya, maka perizinan dapat selesai tanpa masalah.
NPWP
Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan wewenang dari kantor perpajakan. Anda akan mudah memperolehnya dengan memenuhi semua syarat yang tidak terlalu banyak. NPWP perorangan maupun milik badan hukum merupakan alat untuk administrasi perpajakan dan sebagai identitas.
Izin Usaha Dagang
Jenis perizinan yang selanjutnya, yaitu izin usaha dagang. Surat Izin UD ini akan diberikan kepada perorangan yang melaksanakan usaha dagang. Jasa izin usaha akan membantu Anda mendapatkan perizinan ini.
Tentunya Surat Izin UD ini berbeda dengan kepemilikan PT yang pengelolaannya oleh perseorangan. Meskipun demikian, Anda juga membutuhkan perizinan ini untuk kelegalan usaha yang berjalan.
SITU
Surat Izin Tempat Usaha merupakan perizinan yang harus ada baik untuk perorangan maupun perusahaan. Dengan memiliki SITU, maka Anda sudah mengikuti aturan sesuai dengan tata ruang wilayah.
SITU juga berguna untuk Anda yang ingin menjalankan penanaman modal. Untuk mengurus perizinan ini lebih baik menggunakan jasa pengurusan izin usaha yang kompeten.
Surat Izin Gangguan
Hinderordonnantie (HO) merupakan surat keterangan yang menyatakan tidak berkeberatannya warga sekitar. Serta tidak ada yang terganggu dengan kegiatan usaha di sebuah lokasi. Biro pengurusan izin usaha juga memberikan layanan pengurusan surat perizinan ini.
Tanda Daftar Usaha Pariwisata
Biro layanan perizinan usaha akan membantu pemili bisnis di bidang pariwisata mengurus TDUP. Surat izin ini merupakan bukti bahwa usaha pariwisata yang Anda jalankan sudah legal.
Perizinan bidang pariwisata ini bisa diurus oleh:
- Usaha jasa perjalanan wisata
- Penyedia akomodasi untuk pariwisata
- Jasa penyedia makanan maupun minuman di sektor pariwisata
- Jasa izin usaha juga akan membantu pemilik bisnis pramuwisata mendapatkan perizinan ini.
Tips Memilih Jasa Izin Usaha

Mengurus perizinan yang menyangkut dokumen-dokumen dari sebuah perusahaan memang tidak bisa sembarangan. Anda harus memilih penyedia jasa izin usaha yang profesional dan mampu menjaga dokumen legal karena termasuk aset dari perusahaan.
Agar tidak salah dalam memilih biro pengurusan izin usaha industri, maka pemilik bisnis harus memperhatikan tips berikut ini:
Mengenal Baik
Langkah pertama yang harus pemilik usaha lakukan adalah mencari biro jasa yang profesional dengan mengenalinya. Anda bisa melihat terlebih dahulu lokasi kantor sekaligus memastikan apakah benar menjalankan layanan tersebut.
Jasa izin usaha yang profesional pasti memiliki review dari pelanggan. Anda bisa mencarinya di website biro jasa.
Profil Penyedia Jasa
Selanjutnya, Anda bisa mencari tahu profil dari penyedia jasa. Dengan melihat profil perusahaan, pemilik perusahaan dapat menilai apakah penyedia jasa memiliki pelayanan yang bagus atau tidak. Profil jasa urus perizinan usaha bisa Anda lihat pada website maupun datang langsung ke kantornya.
Pelayanan
Anda juga harus memastikan apa saja pelayanan yang tersedia. Sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Penyedia jasa yang profesional selalu bisa melayani klien dengan cepat.
Sehingga tim dari penyedia layanan selalu memberikan estimasi waktu dari berbagai layanan yang ditawarkan. Selain itu, pemilik usaha tidak akan membuang banyak waktu dalam mengurus perizinan.
Menggunakan jasa izin usaha akan lebih cepat karena mereka sudah mengetahui alur pelayanan. Walaupun saat ini sudah menggunakan sistem online, namun untuk persyaratan terkadang pemilik usaha tidak mengetahuinya secara detail.
Konsultasi
Anda juga bisa memilih penyedia layanan untuk perizinan yang menyediakan konsultasi. Sebab, terkadang pemilik usaha juga harus mengurus beberapa izin sekaligus.
Untuk menghindari kurangnya persyaratan yang akan menghambat keluarnya perizinan, sehingga lebih baik mendapatkan konsultasi.
Harga
Faktor harga juga tidak kalah penting untuk memilih penyedia jasa. Jangan tergiur harga yang murah saja tanpa mempertimbangkan kualitas layanan.
Jika pemilik bisnis memilih menggunakan jasa izin usaha untuk keperluan perizinan kelegalan bisnis, maka pilihlah yang profesional. Sehingga akan mendapatkan layanan prima dan tidak mengecewakan.
Layanan
Promo Pembuatan CV
Rp. 3.950.000
Rp. 2.699.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan Yayasan
Rp. 4.550.000
Rp. 3.999.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan Firma
Rp. 4.550.000
Rp. 3.999.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan PT Perorangan
Rp. 1.499.000
Rp. 799.000
Dokumen lengkap :
SERTIFIKAT PENDIRIAN, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan PT
Rp. 5.350.000
Rp. 3.699.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan