Office Now – Apakah Anda menginginkan usaha berstatus legal dan terdaftar sebagai Perseroan Terbatas (PT)? Jika ya, pastikan sekarang Anda mengetahui informasi seputar biaya pendirian PT secara lengkap. Apalagi, sekarang prosedur pendirian sebuah perusahaan untuk UMKM terbilang mudah, cepat dan murah.
Tentunya, Anda tidak perlu calo untuk melakukan pengurusan. Hal tersebut karena pemerintah sudah memberikan jaminan kemudahan untuk memulai usaha. Berikut penjelasan biaya pendirian PT 2020 secara lengkap!
Langkah dan Prosedur Rincian Biaya Pendirian PT 2021 dengan Berbagai Bidang Usaha
Umumnya, pendirian sebuah PT dilakukan minimal 2 orang. Namun, ada juga perusahaan yang didirikan oleh 1 orang saja atau lebih dikenal perusahaan perorangan. Meskipun demikian, status PT tersebut tetap memiliki badan hukum, seperti halnya PT yang didirikan oleh 2 orang pendiri dan pemegang saham.
Dalam UU No.40 Tahun 2007 mengenai Perseroan Terbatas. PT atau lebih dikenal Perseroan merupakan sebuah badan hukum persekutuan modal. Hal tersebut didirikan menurut perjanjian dan melakukan aktivitas usaha dengan memakai modal dasar secara menyeluruh.
Kemudian, modal tersebut terbagi dalam bentuk saham dan pemenuhan persyaratan yang ditentukan di dalam UU serta aturan pelaksanaannya.
Umumnya biaya pendirian PT 2021 berkisar Rp3,3 juta hingga mencapai Rp5 juta untuk setiap biaya pendirian PT Notaris akta dan SK perusahaan saja. Sedangkan, paket pengurusan secara lengkap untuk biaya pendirian PT PMA maupun jenis lainnya bisa mencapai sekitar Rp 10 juta hingga Rp 15 juta. Hal tersebut bergantung pada wilayah perusahaan yang didirikan.
Perbedaan Prosedur dan Biaya Pendirian PT Dulu dan Sekarang
Proses pendirian dan perizinan PT baik di daerah maupun pusat seperti momok bagi para pengusaha. Proses tersebut memang terbilang berbelit-belit. Anda membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan hingga biayanya bisa sangat mahal.
Namun sekarang prosedur memulai usaha dengan mendirikan sebuah PT telah dipangkas secara habis-habisan. Sebelumnya prosedur yang harus dilalui oleh pengusaha dalam mendirikan usaha sebanyak 13 prosedur.
Sedangkan, sekarang prosedur yang dilalui hanya 7 prosedur. Lalu apa saja perbedaan proses pengurusan izin pendirian PT maupun biaya dari dulu hingga saat ini? Berikut ulasannya!
Prosedur
Dulunya sebelum adanya peraturan baru yang memudahkan para pengusaha untuk mengurus pendirian PT. terdapat 13 prosedur yang harus dipenuhi oleh perusahaan, sehingga terkesan berbelit-belit. Sedangkan, baru-baru ini peraturan pendirian PT dipermudah sehingga hanya 7 prosedur dapat dilalui para pengusaha untuk membangun usaha menjadi lebih profesional.
Waktu
Proses pengurusan perizinan pendirian perusahaan dulunya dapat dikerjakan memakan waktu 47 hari. Sedangkan, sekarang Anda dapat mendirikan usaha hanya membutuhkan sekitar 10 hari saja.
Biaya
Kebutuhan biaya pendirian PT di notaris bisa mencapai Rp6,8 juta hingga Rp7,8 juta tergantung wilayah dan kelengkapan paket yang diberikan. Sedangkan, sekarang Anda dapat melakukan pengajuan pendirian sendiri dengan biaya hanya Rp2,2 juta saja.
Izin
Dokumen perizinan yang perlu Anda siapkan dapat berupa Akta Pendirian, Izin Tempat Usaha, Izin Gangguan, Tanda Daftar Perusahaan dan Surat Izin Usaha Perdagangan. Sedangkan perizinan sekarang hanya memerlukan Akta Pendirian, Tanda Daftar Perusahaan dan Surat Izin Usaha Perdagangan.
Syarat Pembuatan PT sekaligus Rincian Biaya
Sebelum Anda memasuki prosedur pendirian PT dan mengetahui biaya pendirian PT perorangan, Anda perlu melengkapi dokumen yang diperlukan sebagai syarat pembuatan PT diantaranya dapat meliputi:
- Scan KTP dan Fotokopi identitas diri, Kartu Keluarga, maupun NPWP pihak direksi perusahaan dan pemegang perusahaan.
- Fotokopi maupun scan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan di tahun terakhir bersesuaian dengan lokasi tempat usaha
- Fotokopi surat kontrak maupun sewa kantor atau bukti kepemilikan izin usaha.4. Surat keterangan yang berdomisili dari pihak pengelola gedung maupun ruko untuk tempat usaha
- Foto kantor baik tampak luar maupun dalam
Sebelum memasuki prosedur maupun melengkapi dokumen yang diperlukan diantaranya dapat meliputi:
- Fotokopi maupun scan KTP atau identitas diri, Kartu Keluarga atau NPWP dari direksi perusahaan dan pemegang perusahaan.
- Scan atau Fotokopi bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun terakhir bersesuaian lokasi tempat usaha.
- Fotokopi surat kontrak maupun sewa kantor atau bukti dari kepemilikan tempat usaha
- Surat keterangan domisili dari pihak pengelola gedung maupun ruko tempat untuk usaha
- Foto kantor mulai dari tampak luar maupun dalam
Tahapan dan Biaya Pendirian PT dengan 7 prosedur
Jika Anda ingin membuat sebuah PT dan mengetahui biaya pendirian PT lengkap, sebaiknya cari tahu prosedur tahapan pembuatannya terlebih dahulu.
- Melakukan pengajuan nama perusahaan, pembayaran untuk pesan nama, memasuki sistem layanan ahu.go.id untuk terbit izin penggunaan nama perusahaan. Proses pengerjaan yakni sekitar 2 hari kerja sekitar Rp200.000.
- Perolehan standar akta perusahaan dari pihak Notaris. Proses pengerjaan dapat dilakukan 1 hari kerja dengan biaya maksimal Rp 1 juta untuk PT.
- Pengajuan perizinan Pendirian Badan Hukum, terbit Izin Pendirian Badan Hukum, Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak dan Pengesahan Badan Hukum.
- Perusahaan melakukan pengajuan SIUP beserta TDP sekaligus BPJS kesehatan yang dilakukan online di Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Proses 1 hari kerja dapat dikenai biaya Rp1 juta.
- Perusahaan melakukan pendaftaran perusahaan di Kemenakertrans atau Dinas tenaga kerja. Waktu hari kerja dapat berlangsung 1 hari dan tidak ada pungutan biaya.
- Perusahaan dapat melakukan pendaftaran BPJS ketenagakerjaan yang dilakukan secara online di bpjsketenagakerjaan.go.id. waktu kerja dapat berlangsung selama hari dengan biaya nol alias gratis.
- Pengusaha dapat memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) maupun VAT Collector Number NPPKP (Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak) secara online melalui https://ereg.pajak.go.id.
Modal untuk Mendirikan Perusahaan Perseroan (PT)
Selain Anda harus melalui prosedur di atas, tentunya kebutuhan biaya pendirian PT dan CV juga menjadi syarat penting. berdasarkan UU No.40 Tahun 2007. Biaya minimal untuk mendirikan sebuah PT disyaratkan sekitar Rp50 juta.
Namun dengan penerbitan PP No.7 Tahun 2016 mengenai perubahan Modal Dasar Perseroan Terbatas dapat meliputi:
- Modal dasar untuk Perseroan Terbatas paling minimum sekitar Rp50 juta. Biaya tersebut ditujukan untuk pengusaha yang berada di luar UMKM.
- Modal dasar untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dapat ditentukan didasarkan atas kesepakatan dari para pendiri PT yang tertuang dalam Akta pendirian PT.
- Jadi untuk UMKM berarti tidak diperlukan penyetoran modal sekitar Rp 50 juta. Meskipun demikian, setoran tergantung dari kemampuan dari pemilik modal. Apabila di dalam mendirikan sebuah perusahaan dilakukan sebanyak 3 orang. Selain itu, modal masing-masing berkisar Rp 500 ribu, maka dapat berkumpul Rp1,5 juta dan tetap melayani proses izin.
Kriteria UMKM yang memperoleh kelonggaran modal diantaranya dapat meliputi:
- Usaha Mikro : kekayaan bersih dari aset paling besar sekitar Rp50 juta dengan omset maksimal Rp300 juta.
- Usaha Kecil : aset untuk usaha kecil dapat lebih dari Rp 50-500 juta dengan omset lebih dari sekitar Rp300 juta-Rp2,5 miliar.
- Usaha Menengah : asset sekitar lebih dari Rp 500 Juta-Rp10 Miliar dengan omset Rp2,5-50 miliar.
- Modal Dasar PT: dana paling minimal sekitar 25 % atau kisaran Rp 12,5 juta (dari Rp50 juta) harus ditentukan letak dan disetor secara penuh sekaligus dibuktikan dengan bukti penyetoran yang dianggap sah.
Nah, bagi Anda yang ingin mendirikan sebuah usaha. Pastikan Anda mengetahui biaya pendirian PT di Bogor dan syarat-syarat yang diperlukan terutama untuk mendirikan PT dengan beberapa bidang usaha.
Penulis: Lyla Iswara
Layanan
Promo Pembuatan CV
Rp. 3.950.000
Rp. 2.699.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan Yayasan
Rp. 4.550.000
Rp. 3.999.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan Firma
Rp. 4.550.000
Rp. 3.999.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan PT Perorangan
Rp. 1.499.000
Rp. 799.000
Dokumen lengkap :
SERTIFIKAT PENDIRIAN, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan PT
Rp. 5.350.000
Rp. 3.699.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan