Macam Pengertian Akta Pendirian dari Badan Usaha

akta pendirian

Akta pendirian adalah salah satu hal yang penting ketika anda akan membuat badan usaha. Baik itu Perseroan Terbatas, firma, CV, dan bahan usaha lainnya. Untuk anda yang ingin tahu, bagaimana cara dan apa itu akta pendirian berikut ini adalah ulasannya. 

Akta notaris pendirian perusahaan Perseroan Terbatas 

Pengertian mengenai akta pendirian yang akan kami bahan pertama kali adalah mengenai akta dari Perseroan Terbatas.

Perseroan Terbatas adalah salah satu badan usaha atau lembaga yang digunakan untuk mendapatkan keuntungan.  Akta yang dimiliki oleh Perseroan Terbatas biasanya dibuat dengan menggunakan jasa notaris.

Dalam akta pendirian badan usaha ini memiliki banyak informasi. Informasi dalam akta pendirian Perseroan Terbatas berisi identitas dan juga kesepakatan dari para pihak yang terkait dalam pembuatan dari Perseroan Terbatas tersebut.

Selain itu dalam akta pendirian perseroan terbatas ada juga informasi mengenai anggaran dasar dan juga tujuan yang dimiliki oleh Perseroan Terbatas yang akan anda buat. 

Informasi dalam akta pendirian perusahaan adalah informasi yang wajib anda karena keberadaannya nanti akan digunakan untuk pengesahan yang dilakukan oleh Kemenkum dan HAM. Jika tidak ada informasi ini dalam akta notaris pendirian Perseroan Terbatas yang anda buat tidak bisa mendapatkan status badan hukum. 

Akta pendirian perusahaan Perseroan Terbatas adalah salah satu hal yang wajib untuk di dimiliki sebuah Perseroan Terbatas sebagai pendirian. Setelah memiliki akta, maka Perseroan Terbatas baru bisa mendapatkan legalitas lain seperti domisili dan juga NPWP serta hal yang berhubungan dengan legalitas yang lainnya. 

Ketika anda akan membuat sebuah Perseroan Terbatas, maka anda perlu datang ke kantor dari notaris karena akta pendirian perusahaan harus dibuat di kantor notaris tersebut dan dilakukan di depan notaris.

Jika anda tidak bisa menghadiri pembuatan dari akta pendirian perusahaan harus dibuat di notaris ini, maka anda bisa menggunakan surat kuasa untuk membantu proses pembuatan akta notaris ini. Hal ini juga berlaku ketika anda akan membuat akta pendirian kantor cabang.

Ketika membuat kantor cabang, maka bisa menggunakan surat kuasa untuk mempermudah prosesnya. 

Akta pendirian CV

Selanjutnya adalah mengenai akta notaris pendirian CV, pengaturan untuk pendirian CV saat ini sudah banyak berubah dari cara pembuatan akta dahulu. Dahulu untuk membuat akta pendirian CV dilakukan dengan melakukan booking nama ke notaris terlebih dahulu.

Saat ini untuk membuat akta pendirian juga harus dilakukan di notaris dan pengesahan akta pendirian CV juga dilakukan oleh Kemenkum dan HAM, akan tetapi sebelum melakukan pembuatan anda perlu melakukan booking nama terlebih dahulu.

Setelah itu  anda juga perlu mempersiapkan dokumen yang diperlukan dalam pendirian akta untuk CV. Untuk  dokumen yang diperlukan dalam pembuatan akta pendirian CV lengkap antara lain adalah : 

1. Fotokopi atau scan dari e-KTP, kartu keluarga dan juga NPWP 

Syarat utama dalam akta pendirian usaha adalah Untuk anda yang ingin membuat akta pastikan  anda menggunakan format fotokopi dan scan terbaru dari pengurus CV anda. Baik itu persero yang aktif maupun pasif. 

2. Fotokopi PBB dan bukti bayarnya

Fotokopi dari PBB dan bukti bayarnya ini diambil dari tahun terakhir yang sesuai dengan domisili dari CV anda. 

3. Fotokopi dari surat kontrak dari kantor yang anda miliki 

Jika bangunan untuk CV merupakan bangunan pribadi, maka na bisa menggunakan surat bukti kepemilikan. 

4. Surat keterangan domisili 

5. Foto kantor dari luar dan dalam 

6. Keterangan mengenai zonasi kantor CV anda

Berikan informasi mengenai zonasi kantor, apakah kantor berada di zona kantor, zona komersial atau zona untuk kependudukan. 

Dalam artikel ini hanya akan dibahas mengenai syarat dari akta pendirian CV, tidak akan diberikan contoh akta pendirian CV. Untuk anda yang ingin mendapatkan contoh akta pendirian CV asli ini, maka anda bisa mendapatkan informasi dari artikel penjelasan khusus untuk akta pendirian CV.

Akta pendirian usaha dalam bentuk dagang

Selanjutnya adalah mengenai akta pendirian untuk usaha dagang. Contoh akta pendirian usaha untuk dagang sangat banyak ditemukan di Internet, akan tetapi dalam artikel ini kami akan membahas mengenai syarat dan cara membuat akta untuk pendirian usaha dagang saja.

Pada umumnya, untuk akan yang ingin membuat usaha dagang, maka tidak diperlukan akta pendirian usaha perorangan. Akan tetapi jika usaha dagang berhubungan dengan kerjasama, maka akan diperlukan pembuatan akta ini. Tidak seperti akta pendirian badan usaha lain, tidak ada ketentuan akta pendirian usaha harus dibuat di mana.

Akan tetapi jika memang akta tersebut digunakan untuk membuat usaha dagang menjadi badan hukum barulah akta pendirian usaha harus dibuat di kantor notaris agar memiliki sifat yang lebih mengikat. 

Meski akta pendirian usaha dagang akan tetapi ada beberapa hal yang perlu didapatkan ketika anda kereta api membuat sebuah usaha dagang.

Yaitu mengenai dokumen perizinan untuk membangun usaha dagang. Perizinan yang diperlukan dalam pembangunan usaha dagang ini antara lain adalah :

1. Permohonan izin ke kantor departemen perindustrian dan perdagangan daerah sesuai dengan wilayah tempat pendirian dari usaha 

2. Dan juga mengenai izin untuk usaha dari pemerintah daerah setempat. 

Selain itu, bagi anda yang ingin membuat akta pendirian kelompok usaha bersama anda juga akan membutuhkan izin domisili usaha, NPWP, SIUP dan juga TDP atau Tanda Daftar Perusahaan. 

Akta pendirian yayasan

Selanjutnya adalah mengenai contoh akta pendirian yayasan. Untuk membuat akta pendirian yayasan, maka ada 3 langkah yang perlu di tempuh yaitu pelengkapan syarat pendirian, pengesanan dan juga pengumuman.

Untuk pendidikan, maka anda akan membutuhkan beberapa syarat pembuatan akta pendirian sekolah yayasan antara lain adalah :

  • KTP dari bagian yang penting dari yayasan yaitu pendiri, pembina, pengawas dan pengurusnya. 
  • NPWP
  • Paspor
  • Kekayaan 
  • Nama 
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Akta pendirian perkumpulan

Untuk anda yang ingin mencari contoh akta pendirian organisasi, maka anda perlu tahu terlebih dahulu apa yang membedakan perkumpulan dengan badan hukum lainnya.

Perkumpulan adalah sebuah ormas yang memiliki badan hukum. Memiliki anggota dan juga memiliki kekayaan. Selain membutuhkan akta pendirian koperasi, sebuah perkumpulan juga harus memiliki anggota minimal 3 untuk bisa dibentuk.

Pembentukan dari perkumpulan harus dilandasi dengan persamaan kehendak, kegiatan dan juga tujuan. 

Akta pendirian firma

Selanjutnya pengertian akta pendirian usaha yang akan kami bahas adalah mengenai contoh akta pendirian firma.

Firma adalah salah satu persekutuan perdata. Dengan begitu untuk membangunnya akan dibutuhkan akta pendirian. Untuk membuat sebuah firma dibutuhkan minimal 2 orang pendiri.

Karena merupakan badan hukum, maka pembuatan akta pendirian dari firma harus dilakukan di depan notaris.  Dalam pembentukannya, syarat yang dibutuhkan untuk membuat akta pendirian firma hukum tidak banyak.

Anda hanya perlu memberikan fotokopi e-KTP dari para  pendiri dan juga anggaran dasarnya saja.

Posted in Business Article

Wednesday Dec 04 9:24 am

No Comments