Office Now-Ketika ingin terjun ke bisnis bidang konstruksi hendaknya pemilik bisnis paham pengurusan SIUJK. Sebab, untuk menjalankan bisnis tersebut memerlukan izin agar nantinya bisa memiliki kelegalan.
Pengertian SIUJK
Surat izin usaha jasa konstruksi secara resmi merupakan kewenangan dari pemerintah. Memiliki izin ini sebagai tanda bahwa Anda dan badan usaha memiliki kualifikasi untuk mengerjakan proyek di bidang konstruksi.
Surat izin usaha jasa konstruksi ini berlaku sampai 3 tahun dan pengurusan SIUJK ini bisa dilakukan perpanjangan.
Pengurusan SIUJK: Ini Jenis-Jenisnya
Beberapa jenis surat izin usaha jasa konstruksi sesuai dengan bentuk dari BUJK yang dijalankan. Jenis-jenisnya yaitu:
Pengurusan SIUJK Nasional
Untuk izin usaha jasa konstruksi dikeluarkan oleh pemerintah sesuai dengan domisili kabupaten atau kota. Dasar hukumnya adalah Peraturan Menteri nomor 4 tahun 2011. Aturan tersebut juga mengatur mengenai persyaratan pemberian izin usaha jasa konstruksi.
Izin Usaha Jasa Konstruksi PMA
Jenis kedua adalah pengurusan SIUJK 2021 untuk penanaman modal asing. Di mana perusahaan tersebut melaksanakan kegiatan konstruksi di Indonesia. Untuk pengaturan pelaksanaannya ada pada Peraturan Menteri nomor 3 tahun 2016.
IUJK BUJKA
Sedangkan untuk IUJK BUJKA yang berkewenangan mengeluarkannya adalah Kementerian Pekerjaan Umum. Sekaligus sebagai izin perwakilan untuk kegiatan usaha jasa konstruksi yang ada di Indonesia. Aturan hukumnya ada pada Peraturan Menteri nomor 10 tahun 2014.
Pengurusan SIUJK Ini Kualifikasinya
Sebelum membahas prosedur pengurusan SIUJK, sebaiknya Anda menyimak kualifikasinya agar nantinya tidak salah dalam menetapkannya. Berikut persyaratan penetapan kualifikasi dari badan usaha jasa pelaksana konstruksi, yaitu:
Kualifikasi Orang Perorangan
Untuk badan usaha orang-perorangan persyaratan yang harus Anda siapkan, antara lain:
- Menurut persyaratan pengurusan SIUJK di Surabaya, harus memiliki kekayaan bersih senilai Rp50 juta.
- Untuk penanggung jawab teknik minimal memiliki SKT tingkat I.
- Sedangkan untuk kemampuan melaksanakan pekerjaan dari 0 sampai dengan Rp300 juta.
- Maksimal memiliki klasifikasi dan sub klasifikasi sesuai dengan SKT dan SKA yang telah dimiliki.
Kualifikasi Usaha Kecil
Pada kualifikasi pengurusan SIUJK online terbagi lagi menjadi 3 sub kualifikasi, yaitu:
K1
Adapun persyaratan yang harus terpenuhi, antara lain:
- Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp50 juta sampai dengan Rp200 juta.
- Sedangkan untuk pengalaman tidak ada syarat khusus.
- Untuk pengganggu jawab boleh merangkap antara PJBU dan PJT.
- Selain itu, untuk penanggung jawab teknik harus ada 1 orang yang bersertifikat minimal SKT tingkat 3.
- Pengurusan SIUJK dari penanggung jawab badan usaha boleh merangkap antara PJK dan PJT.
K2
Persyaratan pada sub K2 harus memiliki:
- Kekayaan bersih lebih dari Rp50 juta sampai Rp200 juta.
- Sedangkan untuk penanggung jawab klasifikasi boleh merangkap antara PJBU dan PJT.
- Untuk penanggung jawab teknik pengurusan SIUJK melalui OSS minimal 1 orang dengan SKT tingkat khusus.
- Selain itu untuk penanggung jawab badan usaha bisa merangkap PJK dan PJT.
K3
Menjadi sub yang terakhir harus memiliki persyaratan sebagai berikut:
- Memiliki kekayaan bersih melebihi Rp350 juta sampai Rp500 juta.
- Untuk pengalaman, dibutuhkan memiliki nilai komulatif pekerjaan dalam waktu 10 tahun senilai Rp1,75 miliar. Ketentuan tersebut dalam hal subkualifikasi usaha kecil 2.
- Pengurusan SIUJK untuk penanggung jawab klasifikasi bisa rangkat antara PJBU dan PJT.
- Sedangkan untuk penanggung jawab teknik minimal oleh 1 orang dengan minimal SKT tingkat 1.
Kualifikasi Usaha Menengah
Untuk usaha menengah ini, ada 2 sub kualifikasi pengurusan SIUJK Jakarta, yaitu:
M1
Pemilik usaha menengah harus memenuhi persyaratan berikut ini:
- Memiliki kekayaan bersih dari Rp500 juta sampai dengan Rp2 miliar.
- Selain itu juga harus memiliki pengalaman dalam waktu 10 tahun telah mengerjakan sebuah proyek bernilai Rp833 juta. Bisa juga pada subkualifikasi kecil 3.
- Jika dilakukan penilaian secara kualitatif sekurang-kurangnya Rp2,5 miliar.
- Untuk badan usaha yang baru saja berdiri, bisa kurang dari 3 tahun tahun tanpa pengalaman nilai minimum.
- Namun, akan dilakukan pengukuran terhadap pengalaman PJT dengan nilai maksimal Rp883 juta.
M2
Selanjutnya, untuk klasifikasi M2 harus memenuhi syarat pengurusan SIUJK berikut ini:
- Untuk kekayaan bersih paling tidak memiliki sejumlah Rp2 miliar sampai Rp10 miliar.
- Setiap subklasifikasi nilai sekurang-kurangnya Rp3,33 miliar dalam jangka waktu 10 tahun.
- Jika perhitungan berdasarkan nilai kumulatif, maka sekurang kurangnya Rp10 miliar.
Persyaratan SIUJK
Beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi untuk pengurusan SIUJK, antara lain:
- Formulir permohonan lengkap dengan materai RP6 ribu.
- Menyertakan fotokopi KTP.
- Serta tidak lupa untuk melampirkan surat keterangan tempat usaha.
- Menyertakan NPWP.
- Pengurusan SIUJK berapa lama juga harus menyertakan fotokopi pengusaha kena pajak.
- Juga sertakan rekomendasi dari kepala desa setempat sesuai dengan usaha yang berjalan.
- Denah lokasi.
- Fotokopi IMB.
- Amdal
- Selain itu, sertakan fotokopi bukti pembayaran PBB.
- Menyertakan fotokopi sertifikat tanah.
- Data mengenai fasilitas yang dimiliki.
- Pengurusan SIUJK Tangsel harus menyertakan SBU.
Tahapan Pengurusan SIUJK
Ada 3 tahapan yang harus Anda lewati, yaitu:
Mengurus SKA dan SKT
Tenaga ahli dan tenaga terampil memiliki perbedaan pada keahlian yang dituju. Jika tenaga ahli condong ke teori dan intelektualitas. Sedangkan untuk tenaga terampil akan condong kepada skill.
Untuk tambahan pada sertifikasi tenaga ahli adalah dokumen yang terkait dengan manajerial. Pengurusan SIUJK Bekasi untuk tenaga terampil tidak memerlukan dokumen tambahan lagi.
Tahapan selanjutnya adalah mengikuti proses training dan interview yang memakan waktu sekitar 1 bulan. Setelah ada pernyataan lulus, maka asosiasi akan mendaftarkan tenaga ahli di LPJK. Untuk selanjutnya pengesahan SKA.
Pengurusan SIUJK Sertifikasi Badan Usaha
Untuk mendapatkan sertifikat badan usaha, namun setelah Anda memiliki SKA. Selain itu juga akan terdaftar sebagai salah satu anggota asosiasi. Oleh karena itu, pengurusan SIUJK Bekasi untuk SBU fungsinya sebagai pengakuan kualifikasi.
Sekaligus sebagai hasil penyetaraan dari kemampuan badan usaha pada jasa konstruksi asing. Untuk mengurus sertifikat ini berlaku setelah perusahaan sudah menjadi badan usaha.
Syarat pengajuan dari SBU, yaitu:
- Memiliki akta pendirian usaha baik PT dan CV.
- SK menteri hukum dan HAM.
- Juga harus memiliki domisili usaha.
- NPWP.
- SIUP.
- NIB.
- Selain itu, harus memiliki pengusaha kena pajak.
- Neraca laporan keuangan dari perusahaan.
- KTA.
- KTP pengurus perusahaan.
- SKT dan SKA.
SIUJK
Untuk pengurusan Surat Izin saha Jasa Konstruksi Balikpapan setelah mendapatkan SKA dan status badan usaha. Proses ini membutuhkan waktu maksimal 4 sampai 6 minggu. Jika ingin lebih cepat lagi, bisa menggunakan jasa notaris.
Syarat yang harus Anda siapkan, antara lain:
- Menyiapkan akta pendirian perusahaan.
- Melampirkan pengesahan SK Kemenkumham.
- Menyiapkan surat keterangan domisili usaha.
- NPWP.
- Surat izin usaha perdagangan.
- Nomor induk berusaha.
- Siapkan juga pengusaha kena pajak.
- Surat keterangan keterampilan dan keahlian.
- Memiliki sertifikasi badan usaha.
- KTP pengurusan perusahaan.
- Menyiapkan pas foto 4X6 sebanyak 2 lembar.
Pengurusan SIUJK bisa secara online melalui sistem OSS. Setelah memiliki surat izin usaha jasa konstruksi, maka perusahaan akan lebih cepat mendapatkan tender untuk proyek. Baik itu untuk pemerintah maupun non pemerintah.
Layanan
Promo Pembuatan CV
Rp. 3.950.000 Rp. 2.699.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan Yayasan
Rp. 4.550.000 Rp. 3.999.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan Firma
Rp. 4.550.000 Rp. 3.999.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan PT Perorangan
Rp. 1.499.000 Rp. 799.000
Dokumen lengkap :
SERTIFIKAT PENDIRIAN, SK, SKT, NPWP DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan PT
Rp. 5.350.000 Rp. 3.699.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan