
Office Now – Sebuah usaha yang dijalankan memerlukan surat izin, sehingga Anda perlu mengurus SIUP online. Surat Izin Usaha Perdagangan memiliki beberapa jenis sesuai dengan fungsi masing-masing. Siapapun bisa membuka usaha di bidang perdagangan, namun harus memiliki perizinan.
Kewajiban memiliki surat izin untuk perdagangan ini tidak terbatas dalam skala besar, namun juga untuk usaha dalam skala kecil. Adanya surat izin ini akan memudahkan menjalankan kegiatan usahanya.
Sehingga tidak heran jika pemilik usaha daftar SIUP online 2021 sesuai dengan jenis usaha. Izin usaha untuk perseroan memiliki syarat yang berbeda dengan SIUP untuk perorangan.
Pengertian, Manfaat dan Tujuan SIUP

Untuk memahami apa itu Surat Izin Usaha Perdagangan, maka perlu mempelajarinya lebih mendalam.
Pengertian SIUP
SIUP merupakan surat izin yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah melalui Disperindag. Surat Izin Usaha perdagangan ini ditujukan kepada perusahaan skala kecil sampai besar. Menteri akan mengeluarkan surat ini untuk bisa menjalankan usahanya.
Tidak hanya perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan saja, melainkan koperasi PT maupun CV juga wajib daftar SIUP online OSS. Adanya Surat Izin Usaha Perdagangan ini sebagai alat bukti pengesahan dari usaha perdagangan yang dijalankan.
Manfaat SIUP
Anda bisa memahami apa saja manfaat mengurus SIUP online, antara lain:
- Pemilik usaha akan mendapatkan pengakuan dari pemerintah.
- Usaha yang dijalankan akan memperoleh perlindungan hukum secara penuh dari pemerintah.
- Sehingga nantinya jika ada penertiban, pemilik usaha akan terbebas dari hal ini. Terlebih jika nantinya pemilik usaha menghadapi sengketa.
- Selain itu, usaha yang sudah memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan bisa berlaku sebagai jaminan legalitas.
- Dalam hal peminjaman modal ke bank atau koperasi, pemilik usaha akan mudah melakukannya.
- Jika Anda mengikuti tender atau lelang, juga membutuhkan daftar SIUP UMKM online. Sebab, bisnis Anda sudah memiliki kredibilitas.
- Selain itu, konsumen juga akan lebih mempercayai usaha yang Anda jalankan.
Tujuan SIUP
Selain untuk melaksanakan peraturan perundang-undangan, memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan juga akan memperlancar kegiatan usaha. Sekarang ini, Anda bisa melihat perkembangan bisnis tanpa adanya legalitas.
Namun, pemilik usaha yang tidak berizin akan menghadapi hukuman yang tegas saat terjadi sidak atau razia. Tujuan mengurus SIUP online yang utama adalah bisa menindak lanjuti ketika menghadapi permasalahan hukum.
Syarat Mengurus SIUP Online
.jpeg?width=1200&name=cara%20membuat%20surat%20keterangan%20usaha%20secara%20online%202%20(1).jpeg)
Setelah Anda memahami pengertian, tujuan dan manfaat dari SIUP, selanjutnya adalah memahami persyaratan yang dibutuhkan. Sebab, ada perbedaan persyaratan menyesuaikan bentuk badan hukumnya.
Mengurus SIUP Online PT
Perseroan terbatas memiliki badan usaha yang memiliki modal dari beberapa saham. Simak syarat membuat SIUP Perorangan dan Perseroan Terbatas, berikut ini:
- Anda harus menyiapkan fotokopi KTP dari direktur dan jajaran komisaris.
- Menyertakan fotokopi Kartu Keluarga
- Fotokopi NPWP
- Lengkapi dengan Surat Keterangan Domisili
- Fotokopi Akta Pendirian badan usaha yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM.
- Mengurus SIUP online juga memerlukan Surat Izin Gangguan.
- Lengkapi juga dengan izin prinsip.
- Sertakan neraca keuangan perusahaan.
- Sertakan materai dan juga foto berukuran 4 X 6 sebanyak 2 lembar.
Koperasi
Sedangkan untuk persyaratan mengajukan SIUP untuk koperasi memerlukan syarat berikut ini:
- Fotokopi KTP dari pengurus dan dewan pengawas koperasi.
- Sertakan NPWP koperasi dan fotokopi akta pendirian.
- Lengkapi data dengan susunan dewan pengurus dan pengawas.
- Fotokopi SITU dari pemerintah daerah setempat.
- OSS SIUP juga membutuhkan Neraca koperasi.
- Selain itu, mengurus SIUP membutuhkan izin lain yang terkait.
Perorangan
Untuk bentuk badan usaha Perseroan Perorangan harus menyertakan persyaratan berikut ini:
- Anda wajib menyertakan fotokopi KTP dari pemegang saham.
- Sertakan juga surat keterangan domisili.
- Neraca perusahaan.
- Foto dari direktur utama atau penanggung jawab perusahaan berukuran 4 X 6 sebanyak 2 lembar.
Tahapan Mengurus SIUP Online
Anda harus menyimak bagaimana tahapan mengurus SIUP online berikut ini:
- Pemilik usaha terlebih dahulu membuat akun user dari OSS. Anda bisa menggunakan NIK untuk WNI sedangkan untuk WNA bisa menggunakan paspor.
- Langkah selanjutnya, Anda bisa klik Daftar, lalu isilah formulir registrasi. Jika proses ini sudah selesai, Anda bisa melakukan aktivasi akun melalui link yang dikirim melalui email.
- Anda akan mendapatkan akun user cara membuat SIUP online 2020 sangat mudah. Lakukan login ulang untuk mengisi data sehingga nanti Anda akan mendapatkan NIB. Nomor Induk berusaha ini berlaku sebagai identitas perusahaan sehingga bisa mendapatkan izin komersial.
- Sedangkan untuk badan usaha non perorangan, Anda bisa memilih Perizinan Usaha. Untuk CV, koperasi, dan PT Perorangan bisa melengkapi bagian perekaman data akta pendirian.
- Setelah memiliki Nomor Induk Berusaha, Anda juga bisa mengurus SIUP sekaligus. Sebab, NIB menjadi syarat penting sebelum diterbitkannya SIUP.
Sistem OSS Dalam Mengurus SIUP Online

Untuk memangkas proses perizinan yang berbelit, pemerintah membentuk Online Single Submission. Sehingga cara cek SIUP secara online juga bisa Anda lakukan dengan mudah.
Karakteristik OSS
Sistem OSS merupakan pengurusan izin yang memiliki karakteristik berikut ini:
- Mengurus izin untuk badan usaha maupun perorangan.
- Usaha mikro, kecil dan menengah juga menggunakan OSS.
- Mengurus SIUP online untuk usaha perorangan atau badan usaha yang berdiri sebelum beroperasinya sistem OSS.
- Usaha dengan modal baik secara keseluruhan berasal dari dalam negeri, maupun luar negeri. Bisa juga dengan komposisi modal asing.
Manfaat Menggunakan OSS
Adanya sistem cara perpanjang SIUP online menggunakan OSS ini, memiliki manfaat antara lain:
- Mempermudah pemilik usaha dalam mengurus berbagai izin. Baik untuk persyaratan maupun tahapan memperoleh perizinan.
- Selain itu, pemilik usaha juga akan dipermudah untuk mendapatkan izin operasional dengan komitmen pemenuhan persyaratan izin.
- OSS mampu memfasilitasi pelaku usaha agar bisa terhubung dengan semua stakeholder.
- Perolehan izin untuk pemilik usaha terbilang aman, cepat serta real time.
- Pelaku usaha memperoleh fasilitas untuk melakukan pelaporan serta pemecahan masalah izin.
- OSS juga menjadi fasilitas bagi pelaku usaha untuk menyimpan data perizinannya.
Persyaratan Mengakses OSS
Agar pelaku usaha dapat mudah melakukan pengurusan izin, maka harus bisa mengakses OSS dengan syarat berikut ini:
- Pelaku usaha wajib memiliki NIK serta memasukkan data dalam proses pembuatan user ID.
- Bisa juga menggunakan NIK dari penanggung jawab dari badan usaha. Hal ini tergantung kepada jenis badan usaha yang mengajukan izin.
- Mengurus SIUP online untuk badan usaha PT harus mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM. Untuk mengurus Akta Pendirian bisa dilakukan melalui AHU secara online.
Sehingga untuk menggunakan OSS, Anda harus memiliki user ID. Setelah itu, pemilik usaha baru bisa log-in ke sistem OSS. Isi semua data dengan lengkap dan teliti sehingga penerbitan izin akan sesuai dengan badan usaha yang Anda ajukan permohonan.
Untuk usaha baru, proses mengurus SIUP online harus melanjutkan proses mendapatkan izin komersial. Anda juga bisa melakukan perpanjangan izin berusaha yang sudah ada, namun telah habis masa berlakunya. Pelaku usaha juga bisa melakukan pembaruan data perusahaan serta melakukan pengembangan usaha.
Layanan
Promo Pembuatan CV
Rp. 3.950.000
Rp. 2.699.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan Yayasan
Rp. 4.550.000
Rp. 3.999.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan Firma
Rp. 4.550.000
Rp. 3.999.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan PT Perorangan
Rp. 1.499.000
Rp. 799.000
Dokumen lengkap :
SERTIFIKAT PENDIRIAN, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan PT
Rp. 5.350.000
Rp. 3.699.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan