About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Pilihan Bisnis yang Cocok Menggunakan Virtual Office

Demi mengimbangi kecanggihan teknologi, ada beberapa bisnis yang cocok menggunakan virtual office. 

Perlu diketahui, tidak semua usaha bisa menggunakan virtual office karena alasan-alasan khusus. 

Ada berbagai alasan mengapa jenis kantor tersebut sekarang sering dipilih, salah satunya rendahnya biaya pemeliharaan. 

Menjalankan usaha memang membutuhkan kantor untuk menjalankan aktivitas kerja baik setiap hari atau pada waktu-waktu tertentu saja.

Sebenarnya, Apa Itu Virtual Office?

Sebenarnya, Apa Itu Virtual Office?

Bagi yang belum tahu, virtual office adalah pengganti alamat kantor fisik yang bisa disewa oleh pemilik usaha. 

Tidak perlu memiliki kantor fisik, kamu sudah bisa mendapatkan alamat kantor untuk kebutuhan bisnis.

Pada pasal 15 ayat (1) huruf a UU PT, alamat harus disebutkan dalam Anggaran Dasar. 

Sedangkan pada pasal 9 ayat (1) huruf e disebutkan harus memberi alamat dalam permohonan pengesahan status badan hukum.

Hal itulah yang membuat pemilik bisnis membutuhkan alamat perusahaan yang jelas, untuk itu virtual office dapat dijadikan solusi terbaik.

Ini Dia Bisnis yang Cocok Menggunakan Virtual Office

Ini Dia Bisnis yang Cocok Menggunakan Virtual Office

Mengingat dalam beberapa kondisi membutuhkan kantor, pemilik bisnis perlu memiliki kantor. 

Tidak harus kantor fisik, kamu juga bisa menggunakan virtual office dengan alamat yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. 

Pada penerapannya, ada bisnis-bisnis yang bisa didukung dengan kantor virtual. 

Penasaran apa saja bisnis yang cocok menggunakan virtual office? pembahasan lengkapnya sebagai berikut:

Law Service

Pekerjaan dalam bidang law service semakin banyak dicari. Keberadaan mereka sangat membantu dalam menyelesaikan masalah-masalah hukum. 

Masalah hukum yang dimaksud mulai dari legalitas, perlindungan hak cipta, penyelesaian sengketa, dan lain sebagainya. 

Dalam menjalankan pekerjaannya, orang yang memiliki bisnis law service harus memiliki kantor sebagai pusat pelayanannya. 

Tidak membutuhkan modal besar, bisnis ini cukup menguntungkan karena sesi konsultasi yang dilakukannya bisa dijalankan secara online. 

Event Management

Bisnis yang cocok menggunakan virtual office selanjutnya ada event management. 

Dalam penerapannya, keberadaan kantor virtual memudahkan komunikasi antar satu tim dengan klien.

Event management akan mengatur dan mengajukan konsep event menarik kepada klien sesuai permintaannya. 

Selain itu, mereka juga mengusulkan vendor untuk acara yang mungkin saja dapat membantu berlangsungnya acara sampai selesai.

Usaha Bidang Kreatif

Industri kreatif sekarang ini semakin marak terlebih didukung dengan perkembangan teknologi dalam berbagai bidang. 

Dalam menjalankan tugasnya, pekerja industri kreatif perlu merencanakan ide sesuai dengan permintaan klien. 

Dalam hal ini, diperlukan ruang khusus untuk menjaga kerahasiaan dan memudahkan dalam berkomunikasi.

Dengan begitu, produktivitas menjadi bertambah sehingga bekerja semakin efektif dan efisien.

Jasa Konsultan

Dahulu, jasa konsultan selalu memiliki kantor fisik, namun sekarang ini bisa menggunakan kantor virtual. 

Hal itu membuat jasa konsultan menjadi salah satu bisnis yang cocok menggunakan virtual office. 

Jasa konsultan semakin dibutuhkan untuk berbagai hal misalnya perencanaan keuangan, perencanaan pembangunan, dan lainnya. 

Alasan mengapa lebih cocok menggunakan virtual office karena harga sewa dan pemeliharaannya tidak mahal. 

Pengguna dapat fokus pada kualitas pelayanan, terlebih kontraknya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

UKM (Usaha Kecil dan Menengah)

Mengembangkan bisnis di era modern terbilang susah-susah gampang apalagi jika sudah berkaitan dengan modal. 

Tidak perlu mempersiapkan dana besar untuk menyewa kantor, sekarang pebisnis UMKM sudah bisa mendapatkan kantor virtual. 

Jadi, tidak perlu lagi bingung membayar biaya-biaya tambahan seperti listrik, air, AC, dan internet berlebih. 

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, pemilik usaha UMKM cocok untuk menggunakan virtual office. 

Bisnis Startup

Belakangan startup semakin berkembang pesat karena dinilai menguntungkan karena peluangnya cukup besar. 

Perusahaan rintisan atau biasa disebut dengan startup sendiri merupakan bisnis yang bertumpu pada teknologi. 

Keberadaan virtual office tentu saja sangat membantu dan menunjang kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan usaha startup yang dijalankan. 

Bisnis startup menjadi bisnis yang cocok menggunakan virtual office karena fleksibilitasnya yang dapat dikunjungi kapanpun dan dimanapun. 

Tidak perlu lagi terpaku dengan jam kerja karena jam kerjanya bisa diatur sesuai kebutuhan masing-masing pemiliknya. 

Syarat Menggunakan Virtual Office

Syarat Menggunakan Virtual Office

Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi ketika menggunakan virtual office. Tujuannya agar tingkat keamanannya baik dan tidak sampai mengalami masalah. 

Sama halnya dengan orang yang memiliki perusahaan fisik, jika berniat menggunakan virtual office maka harus memenuhi beberapa syarat penting. 

Meski berbasis virtual, namun tetap ada aturan yang perlu dipenuhi karena menjaga keamanan seluruh penggunanya. 

Apalagi sistem online rentan terkena hack, untuk itu perlu adanya aturan untuk meningkatkan kenyamanan seluruh penggunanya. Berikut ulasannya:

  • Orang yang diperbolehkan menyewa virtual office adalah yang sudah memiliki badan usaha dengan lokasi kantor sesuai zona pilihan. 
  • Memiliki dokumen SKDBU atau Izin Usaha yang mencantumkan lokasi kantor secara lengkap demi keamanan.
  • Tidak diperbolehkan mengubah fungsi rumah tinggal sebagai kantor.
  • Jangan sampai mengubah bahu jalan sebagai tempat usaha atau lahan parkir,
  • Usaha yang dijalankan tidak sampai menimbulkan polusi air, udara, dan suara melebihi skala rumah tangga.
  • Jika berkantor di rumah tinggal, tidak menggunakan peralatan atau mesin otomatis saat produksi;
  • Menjaga ketertiban lingkungan.

Selain yang telah disebutkan, pemilik bisnis yang cocok menggunakan virtual office harus mempersiapkan persyaratan berupa dokumen. 

Tidak banyak, dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan cukup mudah ditemukan dan umum digunakan sebagai persyaratan pembukaan kantor. 

Penasaran dengan apa saja itu? jawaban selengkapnya akan dibahas pada poin-poin di bawah ini:

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • NPWP perorangan
  • Data rekening dan surat rekomendasi dari bank
  • Surat pernyataan kesanggupan memenuhi semua persyaratan yang kemudian dibubuhi tanda tangan di atas materai.

Tips Memilih Virtual Office yang Cocok untuk Pengusaha Modern

Bagi yang sedang menjalankan salah satu bisnis yang cocok menggunakan virtual office, perlu memperhatikan tips-tipsnya. 

Saat ini persaingan memang semakin ketat dan perlu adanya teknik khusus supaya tidak sampai tertinggal. 

Khusus bagi yang akan menggunakan virtual office, perhatikan beberapa tipsnya pada penjelasan berikut:

  • Pilih lokasi yang strategis, sehingga memudahkan ketika harus menggelar pertemuan dengan rekan bisnis atau klien yang sebelumnya belum pernah menjalin kerja sama.
  • Pastikan memilih penyedia jasa kantor virtual yang memiliki dokumen lengkap, mulai dari IMB sampai AMDAL.
  • Silakan memilih ruangan yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, setidaknya bisa digunakan oleh 10 sampai 15 orang.
  • Pilihlah kantor yang nyaman untuk bekerja, sehingga ketika sewaktu-waktu karyawan harus ke kantor, mereka bisa bekerja dengan nyaman dan aman.
  • Pelajari terlebih dahulu paket-paket yang ditawarkan, mulai dari ukuran ruangan, fasilitas, area parkir, dan lain-lain.
  • Pelajari cara pembayarannya, apakah bulanan, per semester, atau tahunan. Selanjutnya tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan tentu saja budget. 
  • Perhatikan apakah bisnismu termasuk bisnis yang cocok menggunakan virtual office atau bukan. 

Itulah penjelasan mengenai bisnis yang cocok menggunakan virtual office beserta syarat dan tips jitu memilihnya.