SBU adalah singkatan dari Sertifikat Badan Usaha. SBU perusahaan adalah sebuah sertifikat yang telah dikeluarkan secara resmi oleh lembaga semacam KADIN dan juga LPJK untuk menandakan kelayakan suatu badan usaha dalam menjalankan usahanya.
Dengan kata lain, SBU adalah sebuah tanda profesionalisme satu perusahaan. Jika Anda memiliki sebuah perusahaan, maka SBU merupakan hal yang tidak bisa ditunda pembuatannya. Mengapa demikian?
Keuntungan Memiliki SBU Adalah …
Ada beberapa hal yang menguntungkan dengan membuat SBU untuk perusahaan Anda. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
1. Dipercaya Klien
Sebagai klien, adalah hak mereka untuk mempertanyakan kredibilitas perusahaan Anda sebelum memberikan sebuah proyek. Nah, dengan adanya SBU, maka Anda memiliki tolak ukur untuk menentukan seberapa kredibel Anda sebagai sebuah vendor yang akan mengeksekusi proyek.
2. Dapat mengambil proyek Raksasa
Ya, siapa yang tidak ingin ditunjuk menjadi vendor untuk mega proyek? Proyek-proyek besar yang biasanya diadakan oleh pemerintah kota adalah proyek resmi yang tidak bisa diambil oleh sembarang vendor. Perusahaan yang akan mengambil proyek tersebut haruslah memiliki sertifikat pada bidang tertentu yang bersesuaian dengan proyek tersebut.
Jenis-jenis SBU adalah …
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa jenis SBU yang harus Anda ketahui. Hal ini berkaitan dengan keuntungan memiliki SBU, yakni dapat mengambil proyek besar. Dalam sebuah proyek besar, SBU yang spesifik dengan bidang tersebut sangatlah dibutuhkan. Nah, ini dia beberapa jenis SBU tersebut.
1. SBU Konsultan
SBU konsultasi atau SBU Konsultan adalah jenis SBU yang menunjukkan kredibilitas Anda sebagai seorang konsultan atau perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi.
Jenis konsultasinya pun beragam, bisa konsultasi tata kota, konsultasi keuangan, bahkan konsultasi dengan manajemen proyek.
2. SBU Jasa Konstruksi
SBU adalah jenis SBU yang paling diincar perusahaan. Mengapa demikian? Seperti yang Anda ketahui, Indonesia sedang berkembang dalam hal pembangunan. Ini dapat dilihat dari banyaknya pembangunan di kota-kota besar.
Alhasil, dengan meningkatnya pembangunan, maka meningkat jugalah kebutuhan akan pekerja bangunan untuk melaksanakannya. Di sinilah proyek untuk perusahaan konstruksi jadi melimpah.
Namun, tentu saja proyek ini tidak bisa diambil oleh sembarang orang, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Apalagi pembangunan dalam kota biasanya memiliki resiko yang berdampak pada kota itu secara keseluruhan. Makanya, SBU Jasa Konstruksi sangatlah diperlukan di sini.
Nilai proyek pembangunan pun sangatlah besar, ini juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak perusahaan yang mengincar proyek pembangunan kota.
3. SBU Konsultan non Konstruksi
Biasanya, SBU Konstruksi akan disertakan dengan SBU Konsultan khusus konstruksi. Ini dikarenakan dalam sebuah pembangunan, akan diperlukan perencanaan yang matang dan minim resiko, yang bisa didapat dari seorang konsultan. Oleh karenanya, banyak perusahaan yang mengambil SBU Konstruksi, namun juga akhirnya ikut mengambil SBU Konsultan Konstruksi.
Namun, SBU Konsultan, seperti yang sudah dijelaskan, tidak hanya soal konstruksi. Ada konsultan di bidang-bidang lainnya, termasuk bisnis, dan juga finansial. Nah, perusahaan-perusahaan inilah yang lantas mengejar SBU jasa konsultan non konstruksi.
4. SBU Spesialis
Anda pernah dengan spesialis? Ya, ini bukan tentang dokter spesialis, ya. SBU Spesialis adalah sebuah SBU yang dikeluarkan untuk badan usaha dengan spesialisasi tertentu yang membutuhkan sertifikasi khusus, seperti kesehatan dan lain-lain.
SBU Spesialis biasanya kurang diincar karena memang tidak terlalu banyak bidang usaha yang membutuhkan spesialis.
Hal yang terjadi bila Anda tidak mengurus SBU LPJK adalah …
Ya, karena mengurus SBU memberikan keuntungan tersendiri, maka tidak mengurus SBU pun ada konsekuensinya. Apa saja konsekuensinya? Berikut adalah penjelasannya.
1. Kredibilitas diragukan
Misalkan Anda adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan komputer. Lalu, ada sebuah perusahaan atau instansi pemerintah yang membutuhkan 1000 unit komputer. Anda sudah berhasil melakukan lobby dan juga berhasil menembus proyek tersebut.
Namun, di penghujung proses akuisisi proyek, ada hal yang mengganjal. Ada satu atau dua oknum dari perusahaan atau instansi klien yang bertanya, “apakah Anda sudah tersertifikasi dalam pengadaan?” dan Anda pun diam tanpa bisa menjawabnya.
Anda mungkin sudah berpengalaman dalam menghandle proyek pengadaan yang lebih besar dari ini. Anda pun juga sudah sering berhubungan dengan supplier komputer sehingga segalanya akan mudah dan bebas dari masalah. Namun, masalahnya terletak pada tidak adanya nilai ukur dan jaminan akan kehebatan Anda.
Mengapa SBU adalah suatu keharusan? Sebenarnya, hal ini lebih kepada hal yang bersifat tertulis saja. Pihak procurement dari perusahaan klien tidak mau mengambil resiko dengan membeli barang dari perusahaan yang belum SBU. Karena, jika nanti mereka terkena masalah atau ada masalah serius pada proyek tersebut, mereka, dari pihak klien, akan ditanya oleh atasannya, “kenapa kamu tidak memilih vendor yang sudah SBU dan terpercaya?”
Inilah alasan mengapa banyak perusahaan membutuhkan SBU dari vendornya.
2. Tidak dapat melebarkan sayap
Jika kredibilitas Anda sudah diragukan, maka tidak mungkin Anda bisa mengambil proyek yang sifatnya mega proyek. Ini bisa dianggap sebagai mimpi di siang bolong. Mega proyek selalu membutuhkan pertanggungjawaban yang besar, karena bisa saja nyawa menjadi taruhannya.
Jika sudah begini, siapa yang akan terpilih menjadi vendor? Perusahaan senior seperti Anda yang belum punya SBU atau perusahaan yang kurang bagus namun memiliki SBU?
Tentu saja yang memiliki SBU. Karena dengan adanya SBU, maka pihak klien punya pegangan dan tidak dipersalahkan ketika ada kejadian tidak terduga ketika proyek dilaksanakan.
Nah, tanpa proyek-proyek besar, Anda bisa jadi tidak bisa berkembang. Alhasil, perusahaan Anda akan begitu-begitu saja.
Hal yang sama terjadi pada banyak perusahaan konstruksi. Tahun ini, mereka beramai-ramai mengurus SBU Konstruksi 2019. Dengan adanya SBU dan SIUJK ini, maka mereka dapat mengambil proyek besar.
Selain itu, ada pula beberapa perusahaan yang mengambil SBU kontraktor atau SBU Jasa Konsultansi
Nah, dari kedua hal di atas, maka dapat disimpulkan bahwa SBU adalah hal yang tidak bisa dilewatkan. Mengurus SBU adalah memang hal yang membutuhkan proses yang cukup panjang. Ada beberapa uji yang akan dilakukan untuk melihat kemampuan perusahaan Anda dalam memegang sertifikat itu.
Namun, semua proses itu dapat dilewati dengan mudah, apalagi jika Anda yakin bahwa perusahaan Anda sudah memiliki pengalaman yang luas dan dapat diandalkan. Toh, nantinya keuntungannya adalah untuk Anda sendiri. Bukankah Anda ingin menghandle proyek besar?
Memang, banyak perusahaan yang mungkin tidak punya waktu atau orang yang bisa dimintai tolong untuk mengurus SBU adalah sulit. Namun, hal ini ternyata sudah dipermudah sekarang. Anda hanya perlu mendatangi jasa pembuatan SBU legal yang ada di dekat perusahaan Anda. Meski harus menambah sejumlah biaya sebagai jasa tenaga kepengurusan, namun urusan pembuatan SBU adalah menjadi mudah.
Artikel Terbaru
Layanan
Promo Pembuatan CV
Rp. 3.950.000
Rp. 2.699.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan Yayasan
Rp. 4.550.000
Rp. 3.999.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan Firma
Rp. 4.550.000
Rp. 3.999.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan PT Perorangan
Rp. 1.499.000
Rp. 799.000
Dokumen lengkap :
SERTIFIKAT PENDIRIAN, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan PT
Rp. 5.350.000
Rp. 3.699.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan
Promo Pembuatan PMA
Rp. 8.150.000
Rp. 6.999.000
Dokumen lengkap :
AKTA, SK, SKT, NPWP
DOMISILI, NIB RBA, IJIN USAHA, API
Bonus Gratis:
- Tersedia Paket Gratis Virtual Office 1 Tahun s/d 5 Tahun
- Gratis Laporan Keuangan & Pajak 12 Bulan
-Gratis System ERP, Accounting, Mobile Attendance
-Gratis Logo, Website & Email Perusahaan
- Gratis Workhsop Bisnis & Akses Pendanaan